07.09
0

Tugu kota malang di malam hari

Alun-Alun Tugu Kota malang atau yang juga biasa disebut dengan alun-alun bundar ini memang terkenal indah. Dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda, alun-alun ini memiliki sebuah tugu yang berdiri kokoh. Tugu yang menjadi kebanggaan Kota Malang ini dulunya merupakan Taman Gubernur Jendral Hindia Belanda J.P. Zoen Coen.



Bung Karno meresmikan tugu kota malang

Tugu ini dibangun pada zaman kekuasaan Belanda di Indonesia sebagai bagian dari Bouwplan II untuk tujuan perluasan kota di daerah yang dinamakan Gouverneur-Generaalbuurt dengan sebutan Alun-alun Bunder dengan kolam air mancur di tengahnya. Dulu Monumen Tugu adalah Taman Gubernur Jenderal Hindia Belanda J.P. Zoen Coen.  Nama jalan di sekitar Tugu pun dulu memakai nama gubernur jenderal Hindia Belanda yang terkenal seperti Van Imhoff straat (sekarang  Jl. Gajahmada), Roebeck straat (Jl. Kahuripan), Maetsuucker straat (Jl. Tumapel).

Tugu ini juga menjadi patokan arah karena posisinya yang berada di pertemuan lima jalan. Orientasi arahnya dibentuk dari kombinasi landmark dengan kelima jalan tersebut Tugu ini termasuk landmark baru yang keberadaannya sesudah proses perancangan kota Malang.


Specialist tour :  http://www.anggadaindonesia.blogspot.com/
ANGGADA INDONESIA Tours & Travel
Jl. Ranu Grati No. 60 Malang
Telepon 1  : 03419511811 (Tour)
Telepon 2  : 03415425085
Telp/SMS  : 08563676878
Email         : anggada_indonesia@yahoo.co.id
PIN 280419C5
Follow @anggadaindo

0 komentar:

Posting Komentar